Saturday 25 May 2013

Berapa Banyak Harus Makan Buah?

Rutin mengonsumsi buah dan sayur sudah terbukti akan mencegah berbagai penyakit mulai dari sembelit, sampai stroke dan kanker.  Mungkin selama ini kita sudah mengupayakan memasukkan sayur dan buah dalam menu sehari-hari. Namun, yakinkah kalau jumlahnya cukup?
Rekomendasi badan PBB yang mengurusi makanan dan pertanian (FAO) yaitu konsumsi sayuran idealnya 91,25 kg/kapita/tahun dan buah 73 kg/kapita/tahun.
Badan kesehatan PBB (WHO) merekomendasikan 400 gram buah dan sayur per hari. American Heart Association merekomendasikan 8 porsi atau 4,5 mangkuk dari berbagai jenis buah dan sayur per hari.
Sedangkan Undang-undang Kesehatan indonesia merekomendasikan setiap hari orang harus mengonsumsi 3-5 porsi sayur dan 2-3 porsi buah.
Yang dimaksud dengan satu porsi sayuran yaitu satu mangkuk ukuran sedang. Selanjutnya satu porsi buah yaitu satu buah ukuran sedang seperti apel atau pir, atau 10 buah ukuran kecil seperti anggur atau lengkeng, atau satu potong buah ukuran besar seperti melon, semangka, dan lain-lain.

Sumber : Kompas Food

No comments:

Post a Comment